Senin, 28 Februari 2011

Kenalkan Futsal di Lingkungan Sekolah Adakan Tanding Dengan Sekolah RSBI


Futsal atau olahraga sepakbola mini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi SMPN 3 Sukowono, pasalnya sekolah yang termasuk dalam Unit Sekolah Baru (USB) dan terletak di Desa Pocangan Kecamatan Sukowono tersebut, masyarakatnya masih sangat asing dengan keberadaan futsal yang selama ini banyak digandrungi oleh pelajar dan mahasiswa yang tinggal diperkotaan. Sebagai upaya mengenalkan futsal dan mempromosikan SMPN 3 Sukowono kepada masyrakat setempat untuk menjaring siswa baru dalam penerimaan siswa baru (PSB) pada tahun ini, maka sekolah yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso tersebut sengaja beberapa waktu lalu sempat mengadakan gelar pertandingan futsal yang ditempatkan di lapangan Desa Pocangan dan berjalan cukup seru .
Tidak tanggung-tanggung lawan yang didatangkan adalah SMPN 3 Jember yang menyandang predikat sekolah berstandat internasional (RSBI), karuan saja laga futsal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi ratusan penonton yang tidak lain adalah masyarakat sekitar lingkungan sekolah tersebut.Meski tim futsal di SMPN 3 Sukowono baru terbentuk, namun tidak mengurangi nyali untuk bertanding berhadapan dengan lawan yang kemampuan bermain futsalnya sudah teruji.Diusungnya futsal SMPN 3 Jember ke sekolah tersebut bukan tanpa alasan, mengingat Drs. Putu Purwonodadi, MPd yang baru beberapa bulan dipercaya sebagai Kepala SMPN 3 Sukowono tersebut, dulunya memang pernah bertugas menjadi guru matematika di SMPN 3 Jember, sehingga boleh jadi pertandingan futsal itu untuk menjalin hubungan silahtuhrahmi antara dua sekolah tersebut.
“Pertandingan futsal ini hanya sekedar uji coba antara SMPN 3 Sukowono dengan SMPN 3 Jember, selain itu juga untuk mengenalkan futsal kepada masyarakat Desa Pocangan. Dari pertandingan ini diharapkan futsal akan diterapkan di SMPN 3 Sukowono, ternyata hal tersebut direspon positif oleh masyarakat di lingkungan sekolah yang menginginkan olahraga ini dimasukkan dalam kegiatan ekstra kurikuler.Hal itu sangat mungkin futsal dikembangkan di SMPN 3 Sukowono, mengingat di Desa Pocangan sendiri sudah tersedia lapangan yang siap digunakan oleh siswa untuk latihan futsal. Memang futsal di kalangan masyarakat Desa Pocangan belum begitu dikenal oleh masyarakat, begitu sekolah mengundang tim futsal SMPN 3 Jember sambutan mawsyarakat sangat luar biasa sekali dan hal itu terlihat dari banyaknya penonton yang menyaksikan hingga akhir pertandingan meskipun SMPN 3 Sukowono terpaksa harus mengakui kehebatan timj futsal SMPN 3 Jember,”jelas Putut.
Dalam menit awal babak pertama tim futsal SMPN 3 Sukowono mampu mengimbangi tempo permainan SMPN 3 Jember, bahkan tim fulsal tuan rumah lewat tendangan maut kaki Nur Hasan di menit ke dua puluh babak pertama mampu menjebol kekuatan tim SMPN 3 Jember sehingga skor berubah menjadi 1-0. Namun kehebatan SMPN 3 Sukowono terpaksa kandas hingga babak kedua dengan skor 5-2 untuk kemenangan tim futsal tamu SMPN 3 Jember, kekalahan tersebut bisa dimalkumi karena SMPN 3 Sukowono masih minim pengalaman dibidang futsal bila dibanding dengan lawannya.Sementara itu Haedori Ketua Komite Sekolah SMPN 3 Jember menyambut baik pertandingan futsal persahabatan ini, namun dirinya berharap jalinan yang telah terbentuk antara SMPN 3 Jember dan SMPN 3 Sukowono bisa ditindaklanjuti dalam dengan kerjasama dibidang pembelajaran.
Dibagian lain Kabag Humas Pemkab Jember Drs Agus Slameto, MSi menilai pertandingan futsal antara SMPN 3 Sukowono dengan SMPN 3 Jember juga bagian dari memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, tidak dipungkiri kelak olahraga ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat di Kecamatan Sukowono dan dapat dijadikan ikon bagi SMPN 3 Sukowono yang usia berdirinya relatif masih cukup muda bila dibanding dengan sekolah lainnya di Kabupaten Jember. (mc_humas/jbr-win)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons