Rabu, 09 Februari 2011

Dinas Pendidikan Akan Lakukan Persiapan Untuk Kelancaran Unas 2011


Jember Terbina. Dinas Pendidikan Kabupaten Jember dijadwalkan akan melaksanakan kegiatan pembinaan sekaligus persiapan guna menyongsong Ujian Nasional (Unas) 2011-2012. Hal ini dilakukan agar nantinya lembaga sekolah yang berada dibawah naungan Dispendik agar lebih matang dan siap dalam menjalankan moment penting tersebut.
Unas sendiri akan diselenggarakan pada bulan April-Juni 2011 mendatang oleh pemerintah. Untuk persiapan serta kelancaraan pelaksanaan kegiatan tersebut, pemerintah sendiri telah melakukan perhatian serius terhadap pelaksanaannya. Diantaranya dengan berkoordinasi dan sinkronisasi sampai pada tingkat institusi paling bawah yaitu, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD). Harapannya agar program masa depan anak bangsa ini dapat berhasil dan sukses.
Pembahasan Program Unas dirasa sangat perlu dan harus didesain dengan sempurna. Untuk itu, perlu kerjasama yang kompak dari jajaran Dinas Pendidikan khususnya di UPTD yang ada di seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Jember. Demikian sambutan Pj. Bupati Jember Teddy Zarkasih usai melakukan rapat bersama dengan dinas pendidikan diruang rapat Bupati Pemkab Jember.
Teddy Zarkasih mengungkapkan, agar segeranya Dinas Pendidikan Jember untuk melakukan langkah-langkah strategis supaya siswa-siswa se-Kabupaten Jember nantinya siap secara mental dalam melaksanakan Unas. Artinya, para siswa harus lulus dan menyelesaikan pendidikannya dengan baik.
“Mengingat pola lulusan berbeda dengan tahun lalu, maka untuk tahun ini tidak ada ujian susulan atau ulangan. Sehingga mau tidak mau siswa dituntut untuk menyiapkan dirinya dengan baik. Alasannya, siswa yang tidak lulus maka tidak lagi bisa mengulang atau melakukan ujian susulan”. Ujarnya.
Sementara itu, menyikapi persiapan program Unas 2011 mendatang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Drs. Ahmad Sudiyono, M.Si, mengatakan bahwa pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh lembaga sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat atas maupun kejuruan untuk mempersiapkan siswanya dengan serius. Misalnya dengan memberi program tambahan pelajaran atau less serta melakukan serangkaian test (try out) bagi para siswa yang akan melakukan Unas.
Disamping itu, Ahmad Sudiyono mengakui bahwa program kelulusan siswa tahun ini dianggap lebih menguntungkan dibanding tahun lalu. Karena nilai raport para siswa yang dimulai sejak semester 3,4 dan 5 akan diakui dan diperhitungkan untuk menunjang sekaligus menentukan lulus dan tidaknya para siswa peserta Unas.
Adapun untuk menjaga mutu pendidikan serta hasil Unas para siswa, Dispendik Jember meminta kejujuran dari seluruh lembaga sekolah baik negeri maupun swasta agar tidak memainkan nilai raport siswa-siswanya. “Biarlah prestasi siswa apa adanya dan sesuai dengan kemampuannya. Tidak perlu dikatrol oleh gurunya”. Imbuhnya.
Selanjutnya, Kepala Dispendik Jember juga menolak menanggapi adanya segala bentuk permainan nilai siswa di sekolah khususnya sekolah swasta. Pihaknya berpesan agar seluruh sekolah tidak terkecuali negeri atau swasta untuk tidak merubah-rubah atau seenaknya memark-up nilai. Karena, semuanya telah sesuai prosedur serta dalam pengawasan yang ketat. Apabila pihaknya masih mendapati kejadian tersebut maka, akan dilakukan tindakan tegas serta akan memberi sanksi yang berat.

tahun ini lebih menguntungkan para siswa dimana nilai rapot semester 3,4 dan 5 diakui dan diperhitungkan guna menentukan lulus dan tidaknya siswa peserta unas tersebut.

Untuk itu dirinya minta adanya kejujuran dari seluruh sekolah baik negeri maupun swasta untuk tidak memainkan nilai rapot para siswa. Biarlah prestasi siswa apa adanya yang tidak perlu dikatrol oleh guru.

Ketika disinggung adanya kerawanan nilai di sekolah swasta Ahmad menolak sekolah-swasta tidak bisa seenaknya memarkup nilai siswanya bahwa kesemuanya telah memiliki prosedur dan pengawasan yang cukup ketat. Manakala masih ada sekolah yang nekad tentu akan dikenakan sangsi berat. (mc_humas_jbr)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons