Rabu, 02 Maret 2011

Tahun 2011, Dishub Ditarget Sumbang PAD Rp. 7,2 Miliar


Jember Terbina. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui biaya parkir berlangganan kendaraan bermotor tahun 2010 cukup signifikan. Untuk itu Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Jember (Dishub) tetap optimis apabila beban target setoran ditahun 2011 ini juga ditingkatkan.
Seperti diketahui, jumlah sumbangan PAD Dishub Jember melalui sektor parkir ditahun 2010 telah menunjukan hasil yang memuaskan yaitu melebihi target yang dibebankan, dari Rp. 6,8 miliar menjadi Rp. 7 miliar.
Dengan keberhasilan dibuat Dishub itu membuat DPRD Jember menetapkan target setoran PAD bagi Dishub untuk tahun ini menjadi Rp. 7,2 miliar. Beban tersebut secara umum akan memotivasi kinerja Dishub agar tetap optimis untuk mencapainya. Demikian penjelasan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Perhubungan Pemkab Jember, Siswanto
Siswanto juga menuturkan, pengalaman Dishub mengelola parkir berlangganan sudah teruji dengan baik. Bahkan hasilnya mampu meningkatkan pemasukan ke pos PAD. “Target PAD, biasanya ditetapkan dengan nilai terendah. Demikian pula, ketika Dishub yang ditarget Rp. 7,2 Milyar, maka itu sudah dalam perhitungan”, tuturnya.
Ditambahkan, Dishub Jember juga sudah melakukan perhitungan yang matang dan rasional dalam memenuhi target PAD 2011. “Kebijakan biaya parkir berlangganan akan tetap ada mengingat volume kendaraan bermotor di Jember yang setiap tahunnya bertambah dibanding dengan daerah lain”, katanya.
System parkir berlangganan memang dianggap tepat untuk pemenuhan target setoran ke PAD. Karena, semua kendaraan yang dipunyai masyarakat harus mempunyai label parkir berlangganan yang notabenenya diperoleh dari Dishub dan berlaku 1 tahun.
Adapun untuk memperoleh parkir berlangganan, setiap pemilik kendaraan bermotor akan mendapatkannya ketika mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Sebab, pembayaran retribusi parkir dibayar bersamaan dengan administrasinya pengurusan STNK.
Selanjutnya, Dari data Satlantas Polres Jember, setiap tahunnya jumlah kendaraan bermotor roda dua bertambah hingga 3 ribu unit. Kemudian roda empat juga terus mengalami peningkatan, sedikitnya puluhan hingga ratusan unit.(humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons