Selasa, 22 Maret 2011

BULOG MELAKUKAN PEMBELIAN GABAH DARI PETANI


Bulog jember untuk tahun 2011 melakukan pembelian gabah dan beras kepada petani sebagai bentuk wujud bulog memberikan harga yang cukup baik untuk petani dan sekaligus pembelian gabah ini tujuannya juga untuk kepentingan masyarakat.demikian di tegaskan oleh Ka,bulog Sub Divre jember ,Tri Wahyudi saleh yang di temui di ruang kerja beberapa waktu yang lalu.
Menurut,Tri Wahyudi Saleh.Untuk tahun 2011 perum bulog sub divre jember mendapatkan target penyerapan gabah dan beras oleh bulog pusat sebesar 89 ribu ton gabah dan beras ,jadi kalau kita melihat situasi dan kondisi saat ini sampai dengan tanggal 16 maret 2011 kita sudah melakukan penyerapan sekitar 2600 ton.
Nah kalau di bandingkan pada tahun 2010 pada tanggal yang sama itu kita belum bisa melakukan penyerapan hanya menarik tahun ini kita sudah bisa menyerap hampir 2000 ribu lebih karena situasinya panen lebih awal .Cuma yang menjadi persoalan ini panennya tidak serempak panen hanya di beberapa wilayah sehingga menyebabkan harga saat ini cukup tinggi .
Dimana pemerintah menetapkan harga pembelian untuk gabah itu 2640 perkilogram gabah kering panen dan di pasaran saat ini mulai dari bulan febuari sampai saat ini itu diatas harga 2640 harga yang ada berkisaran 2895 sampai harga bisa mencapai 3000 perkilogram ini yang bisa menyebabkan mengalami kesulitan atau kendala di lapangan karena harganya kompetitif sekali.
Harga ini yang bisa menyerap adalah pedagang di luar sana dan kondisi saat ini panen yang ada di jember ini banyak di serbu dari pedang pedagang dari luar ,misalnya dari kabupaten Bondowoso ,banyuwangi,lumajang jadi kita agak kompetitif.Cuma yang menjadi persoalan buat bulog menjadi kendala dan nanti bulog punya strategi lain kita terjun nanti langsung kelapangan kita melaksanakan pembelian langsung kepada petani oleh satgas kita ,kita punya satuan tugas yang bekerja langsung menyerap gabah dan beras dilapangan.
Insakallah dengan kondisi seperti ini kita terus berpacu terus dengan waktu sementara di jember menurut data dari Dinas pertanian jember minggu ketiga dan keempat akan berlangsung panen cukup besar di wilayah selatan dan pada kesempatan seperti ini akan kami manfaatkan sehingga ada harapan bulog jember masih optimis akan mendapatkan gabah dan beras untuk stok di jember sendiri.
Sehingga masyarakat jangan kwatir kita tetap berupaya semaksimal mungkin kita minta dukungan dari semua pihak supaya kita dapat bisa menyerap gabah dan beras dari petani dan kami memberdayakan mitra kerja kita pengusaha yang bergabung dengan kita untuk menyerap gabah dengan sebaik baiknya dan mereka menyetorkan gabah dan beras ke bulog jember. ( mc_humas/jbr-Satrio )

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons